Menghargai Perbedaan dan Membangun Harmoni"

Local Photo by Novi (2024), Momen Perayaan Natal di SMPN Ekologi Kahuripan Padjajaran Purwakarta

Perayaan Natal & Tahun baru 2024 Sekolah Ekologi Kahuripan Padjadjaran Purwakarta

Purwakarta, 13 Januari 2024 - Suasana Natal masih terasa hangat di Sekolah Ekologi Kahuripan Padjadjaran Purwakarta, yang menggelar ibadah dan perayaan Natal serta tahun baru di Saung Budaya pada hari Sabtu ini. Kegiatan ini juga menjadi ibadah awal semester 2 bagi 17 siswa dan siswi beragama Kristen yang penuh antusias.

Dalam renungan Natal yang disampaikan oleh guru Agama Kristen, Ibu Novi Ayu Maryati, S.Pd, tema "Kemuliaan Bagi Allah dan Damai Sejahtera di Bumi" diangkat sebagai panggilan bagi umat Kristiani. Ibu Novi mengajak siswa untuk memuliakan Allah melalui upaya-upaya baik yang dapat mewujudkan damai sejahtera di dalam keluarga, gereja, masyarakat, dan bangsa. "Damai sejahtera (Shalom) bukan hanya tentang hubungan manusia dengan Allah, tetapi juga tentang hubungan antar sesama umat manusia dan dengan alam semesta," ujarnya.

Local Photo by Novi (2024), Konsultan SMPN Ekologi Kahuripan Padjajaran Purwakarta (Rizki Prakoso)

Konsultan Sekolah Ekologi Kahuripan Padjadjaran Purwakarta, Bapak Rizky Agung Prakoso, S.Pd, turut hadir dalam acara tersebut. Dalam sambutannya, beliau menekankan hak setiap individu untuk menjalankan kepercayaan masing-masing. Bapak Rizky juga mengajak minoritas, termasuk siswa Kristen di sekolah tersebut, untuk tampil berani dan percaya diri dengan status dan kepercayaan yang mereka anut. "Perbedaan tidak perlu diperdebatkan, melainkan dapat dijadikan harmonisasi di antara umat manusia," tuturnya.

Salah satu hal yang unik dalam perayaan Natal di sekolah ini adalah penggunaan ornamen Natal yang terbuat dari limbah plastik, diantaranya bekas botol air mineral. Ornamen ini dibuat sendiri oleh para siswa, menggambarkan semangat kebersamaan dalam menjaga kelestarian lingkungan.


Acara berlangsung dengan penuh kehangatan dan kebersamaan, menciptakan momen yang membekas di hati setiap peserta. Perayaan ini tidak hanya sebagai ajang ibadah, tetapi juga sebagai wujud nyata toleransi dan kerukunan antar umat beragama di Sekolah Ekologi Kahuripan Padjadjaran Purwakarta.

Kontributor : Novi

Post a Comment

Previous Post Next Post